Monday, April 8, 2013

Konsumsi Ikan Bisa Perpanjang Umur 2 Tahun


Hobi berburu kuliner ikan? Pilihan Anda sudah tepat. Sebuah studi mengklaim bahwa konsumsi ikan dapat membantu memperpanjang umur, setidaknya dua tahun. Ini karena kandungan omega-3, asam lemak dalam ikan, yang mengurangi risiko kematian prematur.

Ini merupakan studi pertama yang mengaitkan konsumsi ikan dengan umur seseorang. Peneliti dari Harvard School of Public Health (HSPH) dan University of Washington menemukan: orang dewasa yang berusia 65 dengan kadar asam lemak tinggi dalam darah, rata-rata hidup 2,2 tahun lebih lama dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsinya sama sekali. 

Selain itu, mereka yang mengkonsumsi ikan dengan asam lemak omega-3 yang tinggi memiliki risiko meninggal lebih rendah, yakni 27 persen. Demikian juga dengan risiko terserangnya penyakit jantung yang jadi menurun hingga 35 persen. 

"Temuan ini mendukung pentingnya kadar omega-3 dalam darah untuk kesehatan jantung. Ini akan sangat  bermanfaat dalam memperpanjang kehidupan," papar penulis penelitian Dariush Mozaffarian, profesor di Departemen Epidemiologi di HSPH.

Selain bermanfaat untuk kesehatan jantung, omega-3 juga berfungsi menjaga kesehatan otak, sistem kardiovaskuler, dan sel-sel lain dalam tubuh. Hasil penelitian ini sendiri dsimpulkan setelah melalui 16 tahun pengamatan pada 2.700 responden berusia 65 tahun di Amerika.  

Asam lemak omega-3 sendiri banyak ditemukan pada ikan salmon, makarel, hering, tuna, dan sarden.

SUMBER

No comments:

Post a Comment

Untuk Yang Tidak Memiliki Google Account Di Sarankan
Menggunakan Facebook Comment